by

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki akibat Cantengan

Istilah cantengan sering kita kenal dengan kuku bernanah. Kalau dalam bahasa Latin-nya paronychia atau infeksi kulit. Biasanya terjadi pada kuku jari kaki maupun jari tangan. Akibatnya, saat kaki dipakaikan sepatu, baunya jadi sangat menyengat. Untuk itu, perlu atasi dengan cara menghilangkan bau kaki sebagaimana berikut ini.

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki

  1. Pakai Metode Insisi dan Drainase

Cara ini bisa Anda lakukan ketika kuku sudah dalam keadaan bernanah. Artinya, cairan nanah sudah berada tepat di bawah kuku. Ketika disentuh sedikit saja rasanya sakit luar biasa. Bahkan ada kesan berdenyut-denyut. Bahkan jika dibiarkan bisa menyebabkan bengkak dan lebih merasuk ke bagian dalam area bawah kuku kaki.

Apa itu insisi? Sederhananya, proses pembiusan lokal yang menggunakan teknik blok anastesi. Kemudian bikin sayatan kecil tepat berada pada permukaan kulit yang ada nanahnya. Tapi mesti menggunakan alat yang steril biar nanah bisa dikeluarkan tanpa menyebabkan efek samping. Akan lebih baik jika dokter ahli yang menerapkan cara ini.

  1. Gunakan Krim Antibiotik

Kalau cara yang satu ini lebih sederhana. Sebab obat yang digunakan dalam bentuk krim. Cukup dengan mengoleskan pada bagian permukaan kulit yang terkena infeksi. Hanya saja, cara ini hanya bisa digunakan untuk efek cantengan yang ringan. Kalau yang berat-berat, perlu penyembuhan khusus dengan antibiotik oral atau diminum dengan air hangat.

Apakah cara ini cukup berhasil? Bisa berhasil, bisa pula belum berhasil. Tergantung jenis bakteri apa yang turut menginfeksi kuku jari kaki Anda. Apabila semakin banyak jenis bakteri yang ikut-campur, tentu proses penyembuhannya lebih lama. Bahkan lebih baik jika langsung dibawa ke rumah sakit agar diberi penanganan khusus yang lebih aman.

  1. Rendam dengan Air Hangat

Cara menghilangkan bau kaki ini sebaiknya Anda lakukan ketika ada tanda-tanda terkena cantengan. Biasanya sudah terasa jauh-jauh hari sebelum keluar nanah. Caranya dengan merendam bagian kaki yang terkena cantengan. Terutama bagian yang berwarna kemerahan, bengkak, serta jika diraba teksturnya agak keras.

Usahakan lakukan proses penyembuhan ini selama 3 kali sehari. Sedangkan durasinya sebentar saja, yakni 15 menit-an. Proses perendaman ini bukan untuk menyembuhkan efek cantengan kelas berat, ya. Akan tetapi lebih pada upaya mengurangi rasa sakit serta pembengkakan pada kuku jari kaki. Biar efeknya tidak semakin parah.

  1. Gunakan Jahe

Bumbu dapur yang satu ini memang multifungsi, ya. Bisa dipakai untuk merenyahkan gorengan, mengharumkan bau masakan, dijadikan minuman jamu, bahkan bisa untuk menyembuhkan cantengan. Jahe memang sudah terkenal dijadikan bahan untuk obat-obatan herbal. Tentu setelah menerapkan metode penyembuhan ini tidak akan timbul efek samping.

Bagaimana cara menyembuhkan cantengan dengan jahe? Cukup dengan memarut jahe hingga lembut. Kemudian peras agar keluar sarinya. Kalau sudah, campurkan dengan minyak kelapa secukupnya saja. Oleskan ke bagian kulit jari kaki yang mengeluarkan nanah. Perih memang. Tapi namanya juga obat, kan? Rata-rata memang tidak enak. Tapi efeknya sangat bagus.

  1. Gunakan Bawang Merah

Cara membuat ramuannya dengan menggiling bawang merah hingga lembut. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan ke bagian yang terkena cantengan. Lakukan setidaknya 2 sampai dengan 3 kali sehari. Kurang lebih lakukan rutin selama 3 hari berturut-turut dan jangan sampai terlambat, ya.

Berhubung sebagian cara menghilangkan bau kaki tersebut pakai bahan alami, tentu bebas dari efek samping. Apabila sembuh dengan menerapkan salah satu cara di atas, perlu hati-hati lagi ke depannya. Ketika muncul gejala cantengan, langsung obati saja. Jangan sampai keluar nanah, apalagi membengkak. Nanti malah keluar biaya mahal karena harus diobati dokter.

News Feed