by

5 Kiat Freelancing Teratas untuk Meningkatkan Karir Konten Anda

Di era serba digital kali ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan income tambahan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang penulis konten lepas. Sebab, saat ini penulis konten cukup banyak dibutuhkan.

Akan tetapi menjadi seorang freelance content writer pun tidak instan. Anda harus melakukan beberapa hal agar dapat menjadi seorang freelancer yang sukses. Berikut ini 5 kiat freelancing untuk meningkatkan karir konten Anda.

  • Memiliki Hobi Membaca

Salah satu hal yang paling penting untuk memulai karir sebagai seorang penulis konten yaitu hobi membaca. Sebab, dengan memiliki hobi membaca Anda dapat mencari ide untuk menulis dengan lebih cepat. 

Sebab, tanpa memiliki bahan bacaan sama sekali akan sangat sulit untuk bisa mengembangkan kerangka tulisan. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari berbagai gaya menulis dengan memperbanyak membaca. Hasil tulisan Anda menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton.

  • Sering Berlatih Menulis

Agar dapat menghasilkan tulisan yang bagus tentu diperlukan banyak pengalaman. Pengalaman tersebut bisa Anda dapatkan dengan banyak berlatih menulis. 

Mulailah menulis hal-hal kecil agar dapat menjadi kebiasaan. Misalnya menulis diary, mengisi blog pribadi, atau mengikuti lomba-lomba kepenulisan. Dengan banyak menulis, Anda pun bisa mendapatkan gaya menulis yang unik.

Selain itu, semakin banyak tulisan yang Anda bua, semakin tinggi juga jam terbang Anda. Ketika mulai menjadi seorang penulis Anda sudah memiliki banyak pengalaman. Sehingga menjadi lebih dihargai serta bisa mendapatkan kepercayaan dari klien.

  • Sering Mereview Tulisan Sendiri

Setelah menulis apapun, biasakan untuk selalu mereview hasil tulisan yang Anda buat. Baik hanya untuk koleksi maupun untuk dipublikasi. Hal ini sangat penting untuk membuat tulisan berkualitas. 

Ada kalanya saat menulis dibiarkan mengalir dan tidak sadar banyak kesalahan penulisan atau pemilihan kosa kata yang kurang tepat dan salah dalam penempatan tanda baca.

Hal-hal kecil yang jarang diperhatikan tersebut biasanya akan terlihat setelah dibaca kembali. Selain itu, self editing dapat menjadi nilai tambah bagi seorang penulis konten karena menunjukkan tanggung jawab dan ketelitiannya.

  • Menguasai Kosa Kata dan Tanda Baca

Hal lainnya yang tidak kalah penting jika ingin menjadi seorang freelancer yaitu menguasai kosa kata dan tanda baca. Bagi seorang penulis konten kedua hal tersebut sangat penting. 

Pasalnya, Anda harus mampu membuat konten-konten unik dan berkualitas tanpa terdeteksi plagiat. Jika perbendaharaan kosa kata Anda masih sedikit tentu akan sangat sulit untuk membuat konten yang unik.

Tanda baca juga sangat berpengaruh seperti penempatan koma dan titik. Salah penempatan maka akan salah pula pembaca dalam menafsirkan tulisannya. Maka dari itu, kosa kata dan tanda baca tidak dapat diabaikan oleh para penulis konten.

  • Bergabung Dengan Agen Kepenulisan

Anda dapat memulai karir sebagai seorang freelancer konten dengan mencari situs-situs yang menyediakan lowongan untuk content writer.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan agen kepenulisan. Sehingga Anda tidak perlu mencari klien tapi tinggal mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh agen. 

Jika ingin menjadi seorang penulis konten maka Anda bisa mencoba untuk mendaftar di saungwriter.com. Terdapat lowongan penulis konten yang bisa Anda coba untuk menambah pengalaman di dunia kepenulisan.

Itulah 5 kita freelancing. Hal yang paling penting adalah jangan pernah menyerah ketika belum berhasil. Sebab, untuk bisa sukses perlu melewati jalan yang cukup panjang.

News Feed