by

6 Cara Merawat Mobil Mewah dan Kisaran Biayanya

Menjaga mobil mewah agar performa selalu bagus sama halnya dengan merawat berlian supaya tetap berkilau.  Apakah biayanya mahal? Relatif. Jika tak ada pembandingnya, jelas sangat terjangkau. Tapi jika dibandingkan dengan mobil berlevel lebih rendah, kesan mahal selalu ada. Sebelum bicara tentang biaya, ada baiknya pahami cara merawatnya dulu.

6 Cara Merawat Mobil Mewah

  1. Saat Memanaskan Mobil, Lakukan dengan Benar

Namanya juga mesin. Tentu memerlukan penyesuaian diri. Sama halnya dengan mesin motor, elektronik, serta mesin besar di bidang manufaktur. Kalau versi manusianya ada istilah pemanasan sebelum masuk ke olahraga inti. Tujuannya agar mesin bisa bekerja dengan normal ketika mobil Anda jalankan.

Khusus untuk mobil kelas elite atau mewah, jangan lama-lama. Tepatnya kisaran antara 1 sampai dengan 5 menit saja. Sebab, di dalam mobil tersebut, sudah dilengkapi dengan teknologi super canggih nan responsif. Kalau Anda memanaskan terlalu lama, nanti malah hanya uang-buang BBM yang kian mahal dari tahun ke tahun.

  1. Jangan Lupa untuk Menjaga Performa Sistem Keamanan

Berhubung masuk dalam kelas mewah, penjagaan wajib dilakukan dengan ketat. Untung di mobil sendiri sudah terpasang beberapa fitur pengaman. Mulai dari ABS untuk sensitivitas rem, DSC untuk stabilitas kontrol mobil, serta ASC untuk menjaga mobilitasnya. Kontrol pula fitur pengaman lain di luar badan mobil. Misalnya saat diparkir dan sebagainya.

  1. Jaga Body Mobil agar Tetap Mulus dan Menawan

Mobil mewah akan kehilangan kelasnya jika di setiap bagiannya ada baret atau goresan. Nanti orang-orang yang lihat bagaimana? Biarpun mobil yang Anda beli sangat mahal, penampilan yang biasa-biasa saja akan membuatnya kehilangan wibawa. Oleh karena itu, lakukan pengecekan serta perawatan mobil secara berkala via teknisi andalan Anda.

Sebab, faktor adanya pengaruh iklim serta lingkungan juga bisa membuat perubahan pada body mobil. Awalnya memang terlihat mulus. Tapi ketika setiap harinya ditempatkan di kawasan lembap, panas, dingin, atau berganti-ganti, bisa bikin tampilannya kurang ciamik. Apalagi jika Anda berdomisili di dekat pantai karena kadar garam pada airnya sangat tinggi.

  1. Periksa secara Rutin Komponen Mobil Anda

Banyak teknisi serta pakar di bidang otomotif menyarankan, bahwa penting untuk memeriksa keadaan mobil ketika sudah mencapai kilometer tertentu. Masing-masing mobil tentu memiliki standar berbeda. Akan tetapi, rata-rata wajib diperiksa setelah lewat 10.000 km. Kalau dalam hitungan bulan, kurang lebih lakukan pengecekan setelah 6 bulan berlalu.

  1. Ganti Olinya yang Berkualitas

Mobil kelas elite masa dikasih oli murahan? Nanti malah gampang rusak dan performanya menurun. Sayang kan sudah keluar biaya banyak untuk beli. Oleh karena itu, pakailah oli kelas premium. Lakukan penggantian oli 6 bulan sekali. Soalnya kalau lebih dari 6 bulan, bisa mengubah kinerja mesin jadi kasar dan kurang nyaman saat mobil dijalankan.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas mobil serta mesinnya. Maka dari itu, mesti pakai BBM yang berkualitas premium. Setidaknya memiliki RON yang tinggi. Dengan bahan bakar sebagus itu, kinerja mesin mobil Anda akan tetap stabil.

Biaya Perawatannya Berapa?

Jika ditotal, kira-kira bakal habis 4 juta Rupiah. Itu sudah termasuk penggantian oli, ban mobil, serta perawatan lainnya. Hanya saja, ketika Anda membawa mobil ke dealer untuk perawatan, biaya yang keluar bisa lebih dari 20 juta Rupiah. Tapi tergantung juga dealer yang Anda pilih.

Pada akhirnya, membeli mobil mewah memang lebih mudah dibandingkan saat merawatnya. Sebab, dalam merawat mobil perlu kiat-kiat di atas yang wajib diterapkan secara berkala. Bahkan banyak yang menyerahkan soal perawatan mobilnya ke orang lain. Jika Anda punya waktu, alangkah baiknya untuk merawatnya sendiri. Kalau memungkinkan.

News Feed