by

7 Kegiatan Seru Ini Bisa Bikin Anak jadi Lebih Akrab dengan Ayahnya

Sumber: pinterest.com

Peran seorang ayah dalam kepala keluarga tentu saja mencari nafkah dan melindungi anggota keluarganya. Sedangkan ibu, memiliki peran dalam mengurusi keluarga, merawat anak-anak, melindungi serta mendidik anak-anaknya. Kadang kala, seorang ayah kurang sekali terlibat dalam mengasuh dan mengawasi anak-anaknya dengan alasan lelah karena banyak nya aktivitas di kantor yang padat. Padahal, hal ini bisa membuat hubungan sang ayah dan anak menjadi kurang dekat. Sebagai kepala keluarga yang baik tentunya sang ayah perlu meluangkan waktunya dengan keluarga, terutama anak-anak karena hal ini bisa berpengaruh pada well-being sang anak.

Untuk itu, ada baiknya seorang ayah meluangkan waktunya bersama anak dengan melakukan kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama. Biasanya, sang ayah memiliki banyak ide kegiatan seru yang menarik untuk menghilangkan kebosanan. Namun, jika kamu kekurangan ide untuk membuat buah hati senang, cermati beberapa ide kegiatan seru dibawah ini yang bisa kamu lakukan dengan anak agar semakin akrab.

  • Piknik dengan Anak di Taman

Sumber: pinterest.com

Bagi seorang balita yang baru bisa berjalan dan berlari, tidak ada hal yang paling menarik dan seru selain berlari-lari di tempat yang cukup luas dan banyak rumput. Cobalah pergi ke taman dan mengajak si kecil untuk menjelajahi lingkungan yang ada tanpa perlu digendong. Jika si kecil terjatuh dan menangis, maka segeralah peluk dia dengan penuh kasih sayang. Saat dia ingin berlari kembali, biarkanlah. Karena dengan begitu dia akan belajar meredakan rasa sakitnya sendiri.

  • Kreatif Menciptakan Mainan Sendiri

 

Sumber: pinterest.com

Jika ayah dan si kecil bingung mau melakukan kegiatan apa di rumah, cobalah membuat mainan sendiri dirumah. Kamu bisa membuat mainan dari barang-barang bekas, seperti kaleng, kertas atau kardus yang sudah tidak terpakai lagi. Setelah itu, ajaklah si kecil untuk bekerjasama merancang benda-benda tersebut menjadi sebuah mainan. Ayah bisa membantu anak membuat mobil dan robot dari kardus, layang-layangan atau teleponan dari kaleng. Kelak, si kecil akan menjadi seseorang yang kreatif.

  • Bersepeda Bersama Anak

Sumber: pinterest.com

Ayah juga bisa bersepeda bersama anak dengan mengelilingi area komplek rumah atau menjelajahi rute yang cukup jauh. Ayah bisa melakukan kegiatan ini saat di pagi hari karena udaranya yang masih segar dan sejuk. Sehingga sangat baik untuk dihirup oleh anak-anak. Jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan, mulai dari air minum dan perlengkapan sepeda. Di sepanjang perjalan juga ayah bisa berkomunikasi dengan anak tentang hal-hal baru yang mereka temui. Kegiatan ini juga bisa mengajarkan mereka akan pentingnya tertib berlalu lintas dan berkendara dengan baik.

  • Berkebun Sambil Belajar Mencintai Alam

Sumber: pinterest.com

Dengan kegiatan ini, ayah bisa mengajarkan si kecil untuk mencintai lingkungan disekitarnya. Cobalah mulai menanam bibit bersama di halaman belakang rumah atau di taman rumah yang dipenuhi dengan pepohonan kecil. Setelah itu lakukanlah kegiatan berkebunnya. Ayah bisa mengajari si kecil tentang bagaimana caranya membuat pupuk atau mencangkok untuk menjaga kesehatan tanaman dan kesuburan tanah. Ayah bisa melakukan kegiatan ini setiap minggu dengan si kecil untuk merawat tanaman tumbuh subur dan berkembang hingga panen.

  • Berpetualangan dan Berkemah

Sumber: pinterest.com

Bagi ayah yang pecinta alam pastinya sudah seringkan naik gunung dengan teman-temanya? Tapi apakah ayah pernah mencoba berkemah bersama anak-anak saja? Jika belum, sekarang adalah saatnya untuk mengajak mereka berkemah bersama. Ayah bisa mencoba petualangan seru dengan trekking, bernyanyi di sepanjang perjalanan, membuat tenda, menyalakan api unggun serta menjelajahi alam sekitar bersama di kecil. Namun, ayah juga jangan sampai lupa untuk menyiapkan segala keperluan mereka seperti membersihkan diri dan makan.

  • Ajak Anak Bermain Bola

 

Sumber: pinterest.com

Bermain bola bukan hanya untuk anak laki-laki saja tetapi anak perempuan juga boleh melakukan kegiatan ini. Biasanya sang ayah suka bermain bola dengan cara nya sendiri, yaitu lempar tangkap bola. Dengan cara ini, sang ayah akan mengajarkan sang buah hati untuk melempar bola dengan ketinggian, kecepatan dan kekuatannya. Ayah juga bisa memasang ring basket kecil di halaman rumahnya untuk bermain bola basket bersama anak setiap waktu. Atau ayah ingin bermain sepak bola dengan anak juga boleh. Mungkin saja dengan kegiatan ini, sang buah hati bisa menunjukkan bakat nya sejak dini.

  • Memancing Bersama di Akhir Pekan

Sumber: pinterest.com

Bukan hanya mendekatkan diri saja dengan si kecil. Kegiatan memancing ini juga bisa memberikan mereka pelajaran hidup tentang bagaimana cara nya bersabar dan menghargai waktu. Biasanya anak-anak itu paling benci jika disuruh menunggu dan dengan kegiatan inilah mereka bisa belajar untuk menghargai waktu dan bersabar. Kamu bisa melakukan kegiatan ini seminggu sekali di akhir pekan.

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengakrabkan diri dengan anak. Selain mengakrabkan diri dengan anak, kegiatan-kegiatan diatas ini juga bisa melatih perkembangan mereka dan belajar tentang penting nya hidup dengan orang terkasih. Bagaimana, apakah para ayah siap mengajak anak untuk melakukan kegiatan diatas ini?. Baca juga Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas.

News Feed