by

9 Pilihan Software Terbaik Khusus untuk Desain Kartu Nama

-Bisnis-255 views

Desain kartu nama di masa kini lebih canggih daripada beberapa dekade lalu. Sebab Anda sudah bisa menggunakan software untuk mendesain kartu dengan kualitas terbaik. Beberapa memang perlu membeli lisensi. Beberapa lagi bersifat open source. Baik berlisensi atau open source sama-sama bisa menghasilkan desain baik asalkan maksimal dalam penggunaannya.

9 Pilihan Software Terbaik untuk Desain Kartu Nama

  1. Adobe Ilustrator

Sejauh ini, AI atau Adobe Ilustrator ini menjadi software favorit para desainer domestik maupun mancanegara. Tampilannya yang ciamik menjadi salah satu keunggulannya. Software ini bisa Anda gunakan untuk membuat desain berbasis vektor dan jenis lainnya. Jadi sangat memudahkan Anda untuk membuat desain kartu dengan hasil terbaik.

  1. Corel Draw

Kalau yang ini sudah legendaris sekali. Semua desainer hampir pasti pernah menggunakan software ini. Baik saat membuat brosur, poster, sampul buku, serta gambar lain berbasis vektor. Bisa pula digunakan untuk mengedit objek dan gambar. Banyak fitur serta manfaatnya. Sama halnya dengan AI, software ini juga berlisensi.

  1. Inkscape

Sebetulnya sebelum AI rilis, sudah ada Inkscape lebih dahulu. Software ini bersifat open source. Artinya, Anda tidak perlu menggelontorkan dana demi memperoleh lisensi produknya. Anda bisa langsung menggunakan via komputer dengan berbagai tipe. Soalnya pihak Inkscape sendiri menyediakan berbagai versi agar kompatibel dengan banyak PC.

  1. Canva

Kalau yang ini lebih tepatnya untuk pembuatan kartu nama berbasis website. Banyak sekali fitur di dalamnya. Banyak pula tersedia template untuk membuat kartu dengan banyak variasi. Bahkan ada pula fitur untuk membuat logo. Hanya saja, untuk gambar versi gratis memang kurang greget. Jadi, Anda mesti beli elemen-elemen yang dibutuhkan untuk desain.

  1. Free Business Card Maker

Software ini bersifat offline dan mesti memasang ke PC lebih dahulu. Hanya saja, software ini terbatas untuk pengguna Windows. Dengan ukuran file setup yang rendah, yakni 1,2 MB saja, tentu tidak akan memberatkan kinerja PC Anda. Software ini juga menyediakan latar belakang yang bisa Anda isi dengan teks, gambar, serta bisa mengatur layout-nya.

  1. Formtec Design Pro

Bagi Anda pengguna Windows XP atau versi sebelumnya, bisa pakai software ini untuk desain kartu. Berhubung cukup veteran, tentu masih kalah jika dibandingkan dengan kinerja AI yang selalu update. Selain bikin kartu, Anda juga bisa menggunakannya untuk mendesain stiker, label, kartu pos, dan sebagainya. Tersedia pula clip art, bentuk, teks, dan sebagainya.

  1. Page Wonder

Format yang dihasilkan dari desain via Page Wonder cukup variatif. Ada ekstensi JPG, PNG, GIF, BMP, ESP, dan sebagainya. Banyak sekali metode untuk menggambar kartu identitas via software ini. Soalnya sudah disediakan fitur sederhananya dengan cara menarik jaringan atau titik-titik “hilang”. Biar lebih ciamik, bisa Anda sispkan gambar, bentuk, dan lain-lain.

  1. Clickable Card

Bukan hanya fitur-fiturnya yang sangat masif, tetapi juga dari segi tampilan betul-betul sangat memanjakan mata. Kalau sudah begitu kan saat desain kartu jadi lebih menikmati atau enjoy. Pikiran kreatif akan mudah bersarang di kepala ketika mendapati suasana tenang dan adem di mata. Format yang bisa Anda hasilkan mulai dari JPG, BMP, GIF, dan format gambar lain.

  1. Mojosoft Business Cards MX

Software ini sangat baik ketika digunakan untuk PC bersistem operasi Windows XP, Windows 2000 hingga Windows 8. Sedangkan untuk Windows 10 belum tersedia. Fitur-fiturnya sangat sederhana dan memudahkan Anda untuk memaksimalkan hasil desain biarpun baru pertama kali.

Software banyak. Ada yang gratis dan berbayar. Pilih yang mana untuk desain kartu nama bisnis Anda? Setiap software di atas memang memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Akan tetapi fitur-fiturnya saling melengkapi.

News Feed