Apa yang Mesti Dilakukan Setelah Berhasil Membeli Mobil Bekas? Ini Daftarnya

Otomotif34 views

Keberadaan mobil bekas tentu bisa menjadi solusi yang tepat untuk sebagian orang dengan budget terbatas. Salah satu hal yang harus selalu diingat dari pembelian mobil bekas adalah bahwa kendaraan tersebut pernah dipakai oleh pemilik yang lama. Ada kemungkinan calon pembeli menjadi pemilik kedua atau ketiga kali atau bahkan lebih, hal ini tentunya bisa menjadi pengingat bahwa mobil harus selalu dirawat karena kondisinya bekas. Dengan perawatan yang maksimal, maka performa kendaraan second tidak akan kalah dengan yang baru dari dealer.

Ada banyak tips dan trik yang bisa diperoleh dari mana saja mengenai cara beli mobil bekas agar tidak mendapatkan kendaraan roda empat yang salah. Setelah melewati berbagai proses pencarian hingga menemukan mobil bekas unggulan, lalu apakah berhenti sampai itu saja? tentu jawabannya tidak. Masih ada banyak pekerjaan rumah atau PR yang harus dikerjakan pemilik mobil bekas yang baru. Apa saja pekerjaan rumahnya? ketahui daftar lengkapnya berikut ini.

Langsung bersihkan bagian luar dan dalam

Setelah berhasil membawa pulang mobil bekas yang sudah diincar sejak lama, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian luar serta dalam. Walaupun dari pemilik lama atau dealer sudah dibersihkan tetapi tetap saja untuk lebih meningkatkan kenyamanan maka bisa dibersihkan kembali agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel di eksterior ataupun interior. Ada banyak cara untuk membersihkan kotoran di mobil, bukan hanya sekedar datang ke car wash saja tetapi juga ada beberapa bengkel spesialis yang menyediakan layanan untuk menghilangkan berbagai jenis kotoran dengan maksimal.

Ganti semua cairan dengan yang baru

Pemilik baru tentu tidak tahu sudah berapa lama cairan yang ada di mobil digunakan seperti oli, cairan rem, dan yang lainnya. Maka itu, disarankan untuk menganti semua cairan dengan yang baru bertujuan untuk kelancaran semua komponen. Pastikan juga semua cairan baru yang dipakai sudah cocok dengan yang direkomendasikan pabrik. Agar lebih aman tentunya mengganti semua cairan tersebut di bengkel resmi.

Periksa area roda beserta kaki-kaki

Ada yang beranggapan bahwa terkadang mobil bekas mengalami masalah di bagian kaki-kaki apalagi jika usia kendaraan sudah tua. Tentunya hal ini bisa diterima mengingat kaki-kaki juga menjadi komponen penting yang harus dijaga kinerjanya. Makanya untuk mengurangi rasa khawatir terhadap fungsi roda dan kaki-kaki, maka bisa melakukan pemeriksaan mulai dari bearing, shockbreaker, ball joint, dan yang lainnya.

Itulah 3 hal yang harus segera diperbaiki saat berhasil membeli mobil bekas online, jika ingin beli mobil bekas tanpa perlu melakukan perbaikan lagi maka bisa beli di mobbi. Salah satu platform terbaik yang fokus menyediakan unit kendaraan berbagai tipe yang berkualitas dan bisa langsung dipakai tanpa perbaikan. Sebelum bernama mobbi, dulunya adalah mo88i juga menawarkan harga yang dijamin kompetitif dan sesuai dengan kondisnya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang mobbi, maka bisa install aplikasinya di ponsel sekarang.