by

Bagaimana Cara Menghilangkan Plak Gigi dengan Baking Soda?

Berhubung sifat baking soda yang mampu dengan mudah mengikis plak gigi, perlu hati-hati pula saat menggunakannya. Cara menghilangkan plak gigi dengan baking soda bisa dikatakan ampuh, tapi agak berisiko. Sebab, jika tidak hati-hati, efeknya bisa mengikis lapisan luar gigi Anda. Untuk itu, gunakan baking soda sesuai anjuran berikut ini.

Kombinasikan dengan Air Lemon

Dengan pembawaan air lemon yang mampu memutihkan gigi, ketika dikombinasikan dengan baking soda jadi terkesan pas. Campurkan baking soda bersama air lemon hingga membentuk pasta. Ganti pasta gigi biasa dengan pasta gigi buatan Anda. Tapi, sebelum dipakai untuk menyikat gigi, diamkan dulu sekiranya 2-3 menit lamanya.

Ketika Anda sudah menyikat gigi, kumur-kumur segera menggunakan air dingin. Lakukan aktivitas ini berulang-ulang sekitar 1 pekan. Kalau efeknya masih dirasa kurang, bisa ditambah lagi dengan pasta yang baru. Tapi sebaiknya kurang dari 10 hari. Soalnya kalau terlalu lama, lapisan gigi bisa terkikis dan gusi pun bisa bengkak-bengkak.

Kombinasikan dengan Garam Dapur

Kalau bisa, gunakan garam yang halus agar lebih mudah tercampur dengan baking soda. Kedua bahan ini termasuk sama-sama agak keras. Jadi, durasi pemakaiannya lebih singkat daripada saat mengkombinasikan baking soda dengan air lemon. Tapi, untungnya penggunaan campuran garam cukup ampuh mengembalikan putihnya gigi Anda yang sempat redup oleh plak atau karang gigi.

Caranya ambil kurang lebih satu sendok the garam dan 3 sendok teh baking soda. Aduk-aduk hingga keduanya tercampur secara merata. Campuran tadi langsung saja Anda pakai sebagai pasta gigi—persis dengan cara pertama tadi. Setelah selesai, lakukan kumur-kumur menggunakan air garam dan diikuti dengan air hangat.

Kombinasikan dengan Buah Stroberi

Selain enak dan segar, buah stroberi juga mampu mengikis plak gigi ketika dicampur dengan baking soda. Cara menghilangkan plak gigi ini bisa dibilang sangat minim risiko. Kandungan vitamin serta antioksidan dalam stroberi bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya pengikisan lanjutan oleh efek baking soda sekaligus bisa memutihkan gigi Anda.

Untuk menggunakannya, lebih dulu tumbuk stroberi atau kalau tidak mau capai, pakai blender juga boleh. Aduk-aduk bersama baking soda sampai lumat dan membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi Anda. Sikat-sikat secara menyeluruh dan bersihkan dengan kumur-kumur setelah selesai.

Kombinasikan dengan Air Biasa

Barangkali, inilah yang paling sering digunakan oleh banyak orang ketika hendak menanggalkan plak gigi sesegera mungkin. Caranya dengan mencampurkan air dengan baking soda. Kemudian siapkan sikat gigi dengan bulu-bulu halus. Pakai bulu sikat berbahan nilon juga bagus. Lalu celupkan ke dalam campuran tadi sebelum Anda aplikasikan.

Durasi saat menyikat gigi kurang lebih 2 menit saja. Jangan lama-lama karena sifat alami baking soda yang agak keras. Setelah selesai, langsung kumur-kumur menggunakan air hangat dan bersih. Sebisa mungkin jangan pakai obat kimiawi selama proses berlangsung. Saat menyikat gigi dengan pasta buatan Anda, yakin saja bahwa plak gigi Anda bisa lepas.

Kombinasikan dengan Cuka Apel

Sebagaimana kombinasi antara baking soda plus garam, kombinasi ini juga cukup riskan, tapi hasilnya sangat sepadan. Mula-mula, larutkan dulu baking soda ke dalam air. Lalu kasih beberapa tetes cuka apel dan jangan banyak-banyak. Rendam bulu-bulu sikat gigi Anda. Pakai untuk menggosok gigi Anda kurang lebih 2 menit saja.

Sebagai tambahan, ketika Anda menerapkan cara menghilangkan plak gigi tersebut, dampingi dengan pasta gigi antibakteri setelah menggunakan pasta buatan sendiri. Sebab, sifat baking soda hanya untuk meruntuhkan plak gigi, bukan mengatasi bakteri penyebab kerusakan.

News Feed