by

Belajar Perbedaan Dari Gerund dan Infinitive

Belajar bahasa Inggris memang seru, banyak hal yang perlu dipelajari. Salah satunya adalah mengenai gerund dan infinitive. Keduanya merupakan hal yang harus diperhatikan karena seringkali harus memakai salah satunya saat menulis ataupun berbicara dalam Bahasa Inggris. Keduanya memang memiliki beberapa kesamaan fungsi sehingga banyak yang sulit membedakannya. Tetapi banyak  terdapat perbedaan gerund dan infinitive seperti pada struktur kata dan fungsinya. Mari kita bahas mengenai keduanya.

Apa itu Gerund?

Gerund adalah kata kerja dasar yang diberi imbuhan -ing di akhir sehingga menjadi bentuk kata benda. Masih banyak yang mengira bahwa gerund merupakan verb. Gerund merupakan kata kerja yang dapat berubah bentuk menjadi menjadi subyek, obyek  ataupun pelengkap dalam sebuah kalimat.

Ketika menjadi subyek, contoh penggunaannya seperti “Swimming is my favorite leisure activity. (berenang adalah hobi utama saya ketika saya senggang)”. Ketika menjadi objek, contoh kalimatnya adalah “She loves cooking new recipes. (dia suka memasak resep-resep baru)”. Contoh sebagai pelangkap misalnya “My father’s job is managing the finance of his company. (tugas ayah saya adalah mengatur keuangan perusahaannya).”.

Apa itu Infinitive?

Infinitive merupakan bentuk dasar dari kata kerja, contohnya “do”, “be”, “take”, dan “eat”. Infinitive umumnya digunakan dengan “to” di depannya. Memiliki fungsi yang serupa dengan gerund, infinitive juga dapat berfungsi sebagai subyek, obyek ataupun pelengkap dalam sebuah kalimat.

Lalu apakah perbedaannya? Infinitive tidak memerlukan imbuhan -ing. Hanya perlu menggunakan ‘to + kata kerja dasar’. Berikut contoh kalimatnya:

To stay healthy is one of my priorities in life. (Menjaga kesehatan adalah salah satu prioritas kehidupan saya).

Perbedaannya

Lalu untuk perbedaan keduanya adalah struktur katanya serta kata kerja yang digunakan. Berikut beberapa kata kerja yang umum digunakan untuk gerund, yaitu admit, advise, consider, discuss, dislike, dread, enjoy, finish, mind, practise, recommend, suggest.  Sedangkan kata kerja yang umum digunakan untuk infinitive adalah agree, appear, choose, decide, expect, fail, hope, learn, need, refuse, seem, wait, want.

Itulah tadi perbedaan keduanya, kamu bisa mempelajarinya lagi lebih dalam dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Pelajari bahasa Inggris dengan mudah dan seru di EF Adults, kamu bisa merasakan belajar yang menyenangkan dengan para pengajar profesional. Meskipun memasuki usia dewasa, sangat penting untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu. Bergabung di EF Adults sekarang juga untuk meningkatkan skill bahasa Inggris!