by

Berikut Beberapa Gejala Diare yang Wajib Diketahui Agar Bisa Segera Diatasi

Diare bagi masyarakat Indonesia adalah salah satu jenis penyakit yang sudah dianggap biasa dan tidak begitu dikhawatirkan. Akan tetapi ternyata dibalik itu semua, diare juga sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan bahkan juga bisa mengancam jiwa. Mereka yang terserang diare biasanya akan mengalami beberapa gejala yang sangat umum yakni seperti sering buang air besar dan encer. Tidak hanya sering BAB dengan bentuk yang encer ternyata diare juga bisa muncul dengan beberapa gejala diare lainnya seperti demam, sakit perut dan terkadang juga BAB disertai dengan darah.

Pada umumnya, diare merupakan salah satu jenis penyakit dan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya saat sudah dalam waktu 48 jam. Tetapi yang perlu diingat apabila sudah mengalami diare lebih dari waktu tersebut dan BAB juga semakin encer maka bisa dikatakan bahwa diare yang sedang diderita sudah merupakan jenis diare yang berbahaya dan harus segera mendapatkan pertolongan yang medis yang tepat dan cepat.

Mungkin memang masih ada beberapa orang yang menganggap hal ini masalah yang sepele, padahal jika diare sudah akut maka juga sangat berbahaya untuk nyawa. Karena apabila tidak segera ditangani dengan tepat maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan resikonya adalah penderita akan mengalami dehidrasi. Karena diare yang sudah disertai dengan kompilasi dehidrasi maka akan sangat berbahaya untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa gejala dan tanda diare yang wajib diketahui:

  • BAB encer

Gejala pertama yang wajib Anda waspadai adalah biasanya orang yang terserang diare akan merasakan beberapa gejala yang cukup umum terjadi yakni seperti contohnya adalah BAB yang sangat encer dan frekuensinya tinggi. apabila Anda sudah mengalami hal ini maka Anda harus segera melakukan tindakan yang tepat supaya bisa segera pulih dan badan bisa sehat kembali. Karena jika terlalu sering BAB encer maka tubuh juga akan mengalami dehidrasi.

  • Tubuh panas dan sakit perut melilit

Selanjutnya apabila seseorang sudah terserang diare maka akan muncul beberapa gejala lainnya seperti tubuh yang panas dan sakit perut yang melilit. Untuk gejala sakit perut yang melilit dan disertai dengan tubuh panas maka gejala-gejala ini akan sangat berbahaya karena kesempatan untuk tubuh mengalami dehidrasi juga semakin buruk.

  • BAB berdarah

Gejala selanjutnya yang wajib diwaspadai untuk penyakit diare adalah BAB yang disertai dengan darah. Apabila Anda mengalami gejala BAB yang sudah disertai dengan darah maka usahakan untuk segera kunjungi tempat dan layanan pusat kesehatan supaya segera mendapatkan perawatan dan diare yang sedang di derita tidak menjadi semakin buruk dan bahkan bisa berbahaya untuk tubuh dan bisa juga mengancam nyawa.

Beberapa gejala diare yang sudah disebutkan tadi di atas memang mungkin saja sudah sering Anda dengar dari mereka yang sebelumnya sudah pernah menderita diare. Orang-orang dengan riwayat gangguan sistem pencernaan mungkin akan tahu apa saja tindakan yang paling tepat yang bisa dilakukan untuk menangani diare supaya diare tidak menjadi semakin buruk dan membuat kesehatan terganggu. Setelah muncul beberapa gejala yang disebutkan tadi di atas, maka Anda bisa saja langsung konsumsi obat-obatan baik herbal atau obat generic yang dijual di apotek secara bebas untuk membantu meredakan diare yang sedang Anda derita.

News Feed