by

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Saat Tali Pusar Belum Lepas dan Sesudah Lepas

Anda yang baru pertama kali memiliki bayi pasti merasa gugup saat memandikan bayi yang baru saja lahir. Apalagi jika tali pusar bayi belum lepas. Selain itu anda harus mengetahui produk yang tepat untuk peralan  mandi bayi, misal memilih sabun bayi anti iritasi, shampo khusus bayi, handuk yang lembut, dan lainnya. Tapi tenang saja, anda bisa menyimak bagaimana memandikan bayi yang tali pusarnya belum lepas hingga yang sudah lepas.

Memandikan bayi dengan tali pusar yang belum lepas

Hal yang harus diperhatikan ketika memandikan bayi yang tali pusarnya belum lepas yaitu tidak memandikan bayi dengan menyiram air. Karena tali pusar tersebut masih basah dan rawan terkena air. Anda cukup membasuh tubuh bayi dengan washlap basah. Anda tinggal membaringkan bayi di atas alas empuk dan menahan kepalanya dengan tangan.

Lalu membasahi washlap dengan air hangat, setelah itu anda bisa memulai mengusap bagian wajah terlebih dahulu, khususnya bagian mata. Lalu dilanjutkan keseluruh tubuh bayi, mulai dari paha, ketiak, lutut, kaki, pantat, kelamin, dan jangan lupa bagian punggung bayi. Setelah itu segera keringkan bayi dengan handuk dan segera kenakan pakaian si bayi agar tidak kedinginan dan segera merasa hangat.

Lalu bagaimana bedanya memandikan bayi yang tali pusarnya sudah lepas?

Bedanya yaitu, anda sudah boleh memandikan bayi dengan menyiram air keseluruh tubuhnya. Mengapa demikian? Karena jika tali pusar bayi sudah lepas maka pusar sudah mulai kering, sehingga diperbolehkan bersentukan langsung dengan air. Tetapi tetap usahakan memandikan dengan air hangat, kira – kira bersuhu 37 derajat celcius.

Agar lebih bersih anda juga bisa memandikan dengan menggunakan sabun. Gunakan sabun bayi terbaik yang dibuat khusus untuk perlindungan kulit bayi. Setelah dimandikan segera peluk dan keringkan tubuh bayi dengan handuk agar bayi tetap nyaman dan tenang.

Setelah mandi, anda juga bisa memberikan diaper cream bayi untuk tubuh bayi, cream ini berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban kulit bayi anda. Salah satu produk sabun dan cream khusus bayi yaitu Sleek Baby, yang akan membantu menjaga kesehatan kulit bayi anda. Tentunya produk ini sudah terbukti aman untuk kulit bayi.

News Feed