by

Cara Mencegah Sariawan dapatkan Produknya di Toko SehatQ

Untuk sebagian orang, sariawan salah satu masalah yang sering datang dan susah hilang. Di sisi lain, rasa perih yang ditimbulkan oleh sariawan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Misalnya seperti makan, saat berbicara, bahkan tidur juga bisa menjadi tidak nyaman gara-gara sariawan ini.

Mengetahui Cara Mencegah Sariawan

Sariawan biasanya diawali oleh luka kecil yang ada pada dinding mulut, pada mulut kering, kemudian mulut tidak bersih, ataupun kekurangan nutrisi tertentu. Walaupun tidak bisa benar-benar dihindari selamanya, namun terdapat beberapa cara mencegah sariawan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kemunculannya lagi, diantaranya:

Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Mulut

Cara pertama adalah dengan menjaga kebersihan mulut yang dapat dilakukan untuk mencegah sariawan bisa muncul kembali diantaranya adalah:

Rutin sikat gigi dalam 2 kali sehari. Kamu juga bisa pastikan sikat gigi yang digunakan dengan berbulu lembut, kemudian berkualitas baik, dan juga sesuai dengan bentuk mulut.

Kemu juga bisa gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

Kemudian menghindari penggunaan pasta gigi dan juga obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate atau SLS.

Selanjutnya jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali

Pola Makan Sehat harus Diterapkan

Kemudian cara mencegah sariawan selanjutnya yakni dengan menerapkan pola makan sehat, antara lain:

Kamu bisa cukupi kebutuhan vitamin B, apalagi vitiamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12, dengan bisa di ambil dari mengonsumsi makanan misalnya seperti buah bit, brokoli, bayam, asparagus, dan hati sapi.

Kamu harus batasi konsumsi makanan yang mengiritasi mulut, misalnya makanan asam dan pedas.

Kemudian hindari makan dengan tidak terburu-buru, terutama sambil berbicara, supaya bibir atau lidah tidak tergigit dan memicu timbulnya sariawan.

Bukan hanya melakukan cara-cara di atas, tapi kamu juga dianjurkan untuk mengelola stres dengan baik, sebab stres dapat menjadi pemicu timbulnya sariawan. Maka sebisa mungkin, rutinlah melakukan aktivitas yang dapat melepas stres, misalnya mulai dari olahraga, relaksasi, sampai meditasi.

Cara Mengobati Sariawan yang Kembali Datang

Apabila sariawan sedang kambuh, kamu dapat mengobati sariawan dengan beberapa cara sederhana di rumah, misalnya seperti berkumur dengan air garam. Akan tetapi jika nyeri yang ditimbulkan sariawan sangat mengganggu, maka kamu mungkin memerlukan obat-obatan dari dokter yang bisa kamu beli di Toko SehatQ.

Dan untuk beberapa obat yang sering diberikan oleh dokter untuk mengatasi sariawan sering kambuh diantaranya yaitu:

Obat-obatan Kumur

Dengan obat kumur yang diberikan oleh dokter untuk bisa mengobati sariawan umumnya telah mengandung antibiotik atau steroid misalnya seperti Betadine obat kumur. Sebab kandungan ini penting untuk mengatasi peradangan dan juga faktor pemicu sariawan lainnya.

Namun sebelum kamu menggunakan obat untuk sariawan, maka ingatlah untuk selalu membaca dan juga mengikuti cara minum obat yang benar sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Dan penting juga untuk menghindari produk yang mengandung policresulen.

Bila kita menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, maka risiko sariawan kambuh akan menurun. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga bisa mengikuti cara mencegah sariawan yang tidak bisa dilakukan sekali-sekali saja, namun harus dijadikan pola hidup sehari-hari yang tepat. Sehingga risiko terkena sariawan juga minim.

News Feed