by

Cari Mobil Baru Terbaik dan Murah? Simak Cara Belinya di Sini!

Cari mobil baru yang murah, terbaik dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki? Tenang saja, Anda bisa dapatkan itu semua selama bisa mengatur keuangan dengan bijak. Membeli kendaraan belum tentu merupakan bagian yang mahal. Setelah Anda mempertimbangkan asuransi, bensin, servis, dan perbaikan lainnya yang tak terhindarkan, memiliki mobil bisa menjadi sangat mahal.

Meskipun mahal, namun mobil merupakan kebutuhan yang sulit untuk dihilangkan. Anda yang ingin sekali bisa memiliki mobil dan menghemat uang untuk bisa memilikinya, tenang saja! Ada beberapa tips yang bisa membantu Anda dapatkan mobil dengan harga terbaik dan menghemat anggaran.

Tips Hemat Anggaran Saat Cari Mobil Baru

  1. Lakukan Riset Harga

Jika Anda memiliki gambaran umum tentang mobil dan fitur apa yang Anda inginkan, buka internet untuk mengetahui berapa harga mobil tersebut dan di mana Anda bisa mendapatkan harga terbaik. Ingat, ada banyak penjual di luar sana dan mereka semua bersaing untuk bisnis. Jadi, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk dapatkan harga yang paling tepat.

  1.  Beli di Waktu yang Tepat

Jika Anda tidak terlalu khawatir tentang depresiasi, Desember adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil. Sebagian besar perusahaan mobil menawarkan diskon yang tidak akan pernah Anda dapatkan selama sisa tahun yang ada.

 Pada akhir tahun, banyak mobil menawarkan peluang besar untuk mendapatkan diskon tambahan yang bisa menguntungkan Anda nantinya.

  1. Jangan Membeli Asuransi Dari Dealer

Dealer mobil mendapatkan komisi besar untuk perusahaan asuransi. Anda tidak perlu membeli asuransi mobil dari dealer. Hubungi agen asuransi dari berbagai perusahaan, dan beli asuransi yang paling murah untuk mobil. Anda dapat dengan mudah menghemat asuransi dari sektor mana saja. Jadi, pastikan untuk hindari beli asuransi dari dealer.

  1.  Siapkan Rekening Tabungan

Cara terbaik untuk menabung adalah dengan mengatur stop order bulanan pada rekening giro yang dibayarkan ke rekening tabungan. Tapi bersikaplah realistis, jangan menetapkan jumlahnya terlalu tinggi. Buat yang sekiranya sesuai dengan kemampuan.

Bicaralah dengan customer service bank Anda dan cari tahu jenis rekening apa yang dapat Anda gunakan untuk memiliki timeline yang bisa menyimpan uang untuk DP mobil. Tabungan tetap dalam jangka waktu yang lebih lama akan memberi Anda tingkat bunga yang lebih baik atas tabungan Anda.

  1. Perhatikan Nilai Tabungan Anda

Periksa kemajuan akun Anda secara teratur. Ingat, setiap Rp 100 ribu yang Anda tambahkan ke akun bisa membantu untuk menutupi total biaya mobil Anda berikutnya. Tinjau akun Anda setidaknya setahun sekali dan periksa apakah Anda mendapatkan tingkat bunga terbaik untuk tabungan tersebut.

  1. Simpan Uang untuk DP

Berapa banyak uang DP yang harus Anda simpan? Jawaban singkatnya adalah semakin banyak semakin bagus. DP 10% memang merupakan angka minimum, tetapi jika bisa memberikan yang lebih besar, maka akan menghemat uang yang harus dibayarkan untuk kredit per bulannya.

Setelah Anda menyimpan DP yang cukup besar, lakukan riset tentang biaya pelunasan, pada jumlah yang Anda rencanakan untuk dipinjam.

  1. Pilih Mobil Sesuai Anggaran

Jangan memilih mobil yang di luar kemampuan Anda. Pilihlah mobil yang sekiranya terjangkau untuk Anda beli dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan terlalu memaksakan untuk cari mobil baruyang harganya di luar jangkauan Anda.

Nah, kalau Anda khawatir salah dalam membeli mobil dan keliru karena tidak sesuai dengan anggaran, instal saja aplikasi SEVA! Platform digital dari Astra Financial ini bisa membantu Anda mencari mobil baru yang sesuai dengan anggaran. Bahkan, Anda juga bisa nih membayar kredit per bulannya dari SEVA langsung. Luar biasa sekali fitur SEVA bukan? Jadi, unduh dan cari mobil baru terbaik hanya di SEVA!