by

Fungsi Utama Hearing Aid

Mengalam gangguan pendengaran tentunya membuat aktivitas terganggu. Namun jika menggunakan alat bantu pendengaran, maka kesulitan tersebut bisa teratasi. Lalu apa saja fungsi alat bantu dengar. Yuk simak sama-sama ulasan di bawah ini.

Fungsi Hearing Aid untuk Memilih Jenis Yang Tepat

Alat bantu dengar modern merupakan sebuah alat akustik yang akan dipasang di telinga manusia maupun dibelakangnya. Dengan menggunakan alat ini, maka akan dapat memunculkan gelombang suara dan akan sangat membantu bagi yang memiliki gangguan pendengaran.

Alat bantu dengar sendiri mempunyai 5 buah fungsi yang utama yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Dari fungsi inilah nantinya akan tercipta jenis-jenis alat bantu dengar yang berbeda-beda. Adapun fungsi dali alat bantu dengsr adalah sebagai berikut:

  1. Mendengar

Seiring dengan pertambahan usia, maka timbul berbagai masalah yang ada pada telinga. Salah satunya adalah tidak mampu mendengar suatu suara dengan jelas. Alat bantu dengar memiliki fungsi utama untuk memperjelas suatu suara yang ditangkap oleh telinga sehingga suaranya akan jelas seperti semula.

  1. Mencegah penyakit demensia, alzheimer atau pikun

Pendengaran adalah organ yang vital di mana saat pemdengaran terganggu, maka akan bisa mengganggu kesehatan yang lain. Salah satunya ialah penurunan daya ingat atau pikun. Pikun atau kerap pula disebut demesia dan alzheimer ini bisa disebabkan karena gangguan pendengaran.

Maka, ketika Anda mulai merasakan gangguan pada pendengaran, alangkah baiknya segera gunakan alat bantu dengar untuk mencegah timbulnya penyakit yang lebih serius lagi.

  1. Memperbaiki keseimbangan tubuh

Telinga tak hanya sebagai organ vital, namun juga akan membantu keseimbangan dalam tubuh. Ketika pendengaran terganggu, maka dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan pada tubuh.

  1. Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri

Ketika seseorang memiliki gangguan pendengaran, tentu akan membuat seseorang merasa kesulitan saat berkomunikasi dengan orang lain. Kesulitan komunikasi inilah yang bisa menyebabkan kepercayaan diri akan menurun.

  1. Terhindar dari depresi

Salah satu hal yang kerap dirasakan oleh penderita yaitu adanya isolasi dalam dirinya. Saat kesulitan untuk komunikasi dengan orang sekitar, maka mereka merasa dirinya sendiri, karena tak mampu meneyesuaikan diri dengan lingkungan. Anda harus segera mencari solusinya dengan alat bantu dengar.

  1. Meningkatkan kualitas hidup

Salah satu dampak yang sangat fatal yang bisa terjadi ketika terjadi gangguan pendengaran adalah menurunnya kualitas hidup. Padahal, komunikasi merupakan salah satu penunjangnya. Dengan komunikasi yang terbata-bata karena gangguan pendengaran, maka akan dapat menurunkan fungsi dan juga kualitas hidup seseorang.

News Feed