by

Ingin Investasi Saham? Ini Hal Dasar yang Harus Anda Tahu

Ketika mendengar kata investasi, bisa jadi tak semua orang tertarik dengan hal tersebut. Ini disebabkan karena investasi seperti menjadi hal yang jarang diketahui sebagai cara untuk memperoleh keuntungan. Sebagian orang malah berpendapat jika investasi hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki dompet tebal. Padahal, investasi bisa dilakukan secara sederhana. Salah satu investasi yang bisa Anda lakukan adalah saham. Cara menabung saham ini bisa dikatakan sangat mudah.

Apa itu Investasi Saham?

Investasi saham adalah penanaman dana pada wujud yang terlihat secara fisik atau pun tidak, dengan tujuan mendanai keperluan serta mendukung jalannya ekonomi sehingga akan memberi keuntungan untuk pemegang modal.

Apa Saja Keuntungan yang Diperoleh?

Perusahaan bisa berdiri dengan baik karena memiliki modal yang besar. Biasanya, pemilik bukan hanya modal dari dana pribadi untuk membiayai perusahaan, namun semakin hari akan membutuhkan modal dari luar. Sebagai balas jasa serta keuntungan untuk pemilik modal maupun investor, perusahaan nantinya akan membagikan keuntungan sesuai persentase kepemilikan.

Bentuk keuntungan tidak lantas berbentuk uang tunai, karena ada beberapa perusahaan yang memiliki aturan pembagian keuntungan pada pemegang saham dengan bentuk pemberian per lembar saham baru, sehingga lembar saham menjadi semakin bertambah. Berikut beberapa keuntungan dari investasi ini:

  1. Dividen merupakan keuntungan perusahaan yang diperoleh serta akan dibagikan pada pemegang saham. Keuntungan ini pada dasarnya tak semua dibagikan karena ada beberapa bagian yang ditanam untuk biaya operasional selanjutnya.
  2. Capital gain. Capital gain adalah hasil penjualan berupa kelebihan nilai jual pada nilai beli saham. Contohnya Anda membeli saham per lembar dengan harga Rp 1500 kemudian sebulan kemudian naik menjadi Rp 3000, Anda bisa menjual dengan memperoleh keuntungan sebesar Rp 1500 per lembarnya.

Dengan keuntungan tersebut, apakah Anda yakin tidak ingin mencoba investasi yang menggiurkan di masa depan ini? Tips menabung saham juga sangat mudah, jika Anda ingin mencoba investasi lain, Obligasi Ritel Indonesia juga bisa dijadikan pilihan. Kunjungi platform Tanamduit untuk informasi lebih lanjut.

News Feed