by

Inilah Beberapa Cara Hilangkan Bau Mulut yang Sangat Ampuh!

Pernahkah seseorang tiba-tiba menjauh dari Anda saat berbicara? Jika pernah, itu pertanda bahwa Anda memiliki masalah dengan bau mulut. Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Simak apa saja penyebab mulut bau dan bagaimana cara hilangkan bau mulut dalam artikel berikut ini!

Pengertian Bau Mulut

Bau mulut atau secara medis disebut halitosis merupakan kondisi seseorang yang mengalami bau pada mulutnya. Bau mulut akan menimbulkan aroma tidak sedap ketika bernapas. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas harian. Misalnya saja ketika bertemu dengan orang lain. Selain itu, bau mulut juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Umumnya, bau mulut muncul karena kebersihan gigi yang tidak dijaga dengan baik. Sebab, gigi yang tidak terjaga dengan baik akan menyebabkan bakteri tumbuh di area mulut. Jadi, menjaga kebersihan mulut adalah hal yang penting agar terhindar dari bau mulut.

Cara Agar Mulut tidak Bau

Lalu bagaimana cara hilangkan bau mulut? Pencegahan selalu menjadi solusi pertama dibandingkan mengobati. Anda dapat melakukan cara menghilangkan bau mulut di rumah dengan langkah berikut:

1. Rutin Menggosok Gigi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bau mulut dengan menggosok gigi secara rutin. Lakukan setidaknya dua kali sehari untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Dokter menyarankan, bagi Anda yang mengalami bau mulut, gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Pasta gigi dengan fluorida memiliki khasiat untuk menghilangkan bakteri dan mencegah bau mulut.

2. Menyikat Lidah

Selain gigi, lidah juga bisa menjadi tempat bertumbuhnya bakteri. Sisa-sisa makanan yang tersisa akan menumpuk di lidah dan menyebabkan bau mulut. Jadi pastikan Anda juga membersihkan lidah. Bagi beberapa orang, menyikat lidah akan terasa tidak nyaman. Anda dapat menggunakan sikat khusus lidah agar merasa nyaman.

3. Minum Air Putih

Mulut yang kering terlalu lama dapat menimbulkan bau mulut. Sebab, minum air putih akan membilas mulut Anda sehingga sisa-sisa makanan tidak akan menempel. Selain itu, minum air putih akan merangsang produksi air liur. Air liur akan membantu agar mulut tidak kering. Dalam hal ini, hindari untuk konsumsi kopi, alkohol atau minuman lain yang dapat membuat mulut kering.

4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Beberapa makanan dapat menimbulkan bau mulut. Makanan yang memicu bau mulut seperti bawang merah, bawang putih, makanan pedas, makanan manis, petai, dan makanan dengan bau menyengat lainnya.

5. Mengganti Sikat Gigi

Sikat gigi yang telah usang tidak akan membersihkan gigi dengan maksimal. Akibatnya, ada sisa-sisa makanan yang masih tertinggal dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, gantilah sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan sekali dan gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

6. Melakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Lakukan pemeriksaan gigisecara teratur adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan mulut. Anda dapat mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut Anda. Gigi yang rutin di periksa akan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk bau mulut.