by

Inilah Pengertian dan Penjelasan Mengenai Pajak

Sebagai rakyat yang bernaung di sebuah pemerintahan negara ada banyak kewajiban yang harus di taati, salah satunya dengan membayar pajak kepada negara. Mungkin bagi sebagian orang ada yang belum tahu tentang pajak itu sendiri meskipun sudah sering membayar pajak, pajak secara umum merupakan pungutan wajib yang berasal dari rakyat dan di berikan kepada pemerintah yang berupa uang. Dengan adanya pajak akan membuat suatu negara menjadi mampu untuk meraih pendapatan dan juga menjalankan pembangunan untuk memfasilitasi masyarakat, jika melanggar ketentuan tersebut maka akan ada yang namanya hukum pajak dan sudah pasti di berlakukan untuk orang yang melanggar.

Hukum pajak merupakan hukum yang bersifat public dalam mengatur hubungan negara dengan orang-orang yang wajib untuk membayar pajak seperti masyarakat dan badan hukum, selain itu dengan adanya hukum pajak akan membuat orang-orang mengerti tentang peraturan dan kewenangan pemerintah dalam mengatur pajak. Hukum pajak juga diartikan sebagai kumpulan peraturan yang mengatur kewajiban serta hubungan antara wajib pajak dan pemerintah sebagai pemungut pajak, jadi untuk orang-orang yang melanggar untuk membayar pajak maka bisa di kenakakan hukum pajak. Adanya pajak juga diperuntukan untuk kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang ada dan akan membudahkan masyarakat dalam fasilitas umum yang akan di gunakan.

Dengan di adakannya pemungutan pajak akan membuat semua orang mendapatkan manfaatnya sendiri-sendiri, selain itu dengan adanya pajak akan membuat suatu negara menjadi lebih maju dan juga bisa memperkaya negara dengan mencukupi fasilitas yang di butuhkan masyarakat. Untuk lebih mengetahui tentang manfaat pajak di bawah ini ada beberapa manfaat pajak untuk masyarakat yang harus anda ketahui.

Manfaat Pajak Bagi Raykat

  • Yang pertama dengan adanya pajak rakyat bisa menikmati fasilitas umum dan insfrastruktur yang di bangun oleh pemerintah, dengan kata lain pajak yang di berikan oleh rakyat maka akan di kembalikan untuk rakyat juga nantinya. Seperti adanya jalan tol dan lain sebagainya yang menunjang kebutuhan masyarakat lainnya.
  • Selanjutnya pajak juga bermanfaat untuk membiaayai pertahanan dan keamanan suatu negara, dengan adanya pajak akan membuat negara aman dalam keadaan apapun tanpa harus memikirkan sebuah ekonomi.
  • Pajak juga bermanfaat untuk subsidi yaitu pangan dan juga bahan bakar yang biasanya di nikmati dan di kembalikan untuk rakyat yang kurang mampu.
  • Adanya pajak juga akan mempermudah orang-orang dalam melakukan perjalanan, seperti adanya transportasi umum secara masal agar bisa dinikmati oleh semua orang.
  • Selain itu pajak juga untuk mendadani pemilihan umum yang biasa dilakukan untuk memilih calon anggota untuk pemerintah.

Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat yang mungkin akan membuat anda mengerti kenapa harus adanya pajak, dengan adanya pajak akan membuat negara menjadi lebih maju karena adanya fasilitas yang memadai dan membuat orang-orang bisa menggunakan fasilitas dengan mudah. selain itu mengenai hukum pajak anda harus hati-hati karena mungkin bisa mendapatkan hukum pajak jika tidak menaati peraturan pajak yang sudah di buat, pajak juga sebenarnya memiliki beberapa fungsi yang harus anda tahu.

Fungsi Pajak

Fungsi Regulasi – yang berfungsi untuk memberikan pendanaan untuk industry ekspor dan semua yang terkait dengan ekonomi suatu negara maka akan termasuk dalam fungsi regulasi,

Fungsi Anggaran – dalam fungsi anggaran pajak juga menjadi sebuah sumber pendapatakn untuk melunasi anggaran tertentu, baik untuk pusat ataupun suatu daerah.

Fungsi Stabilisai – dalam fungsi ini pajak akan berfungsi sebagai stabilisator kondisi sebuah ekonomi negara yang akan membuat negara tersebut tidak akan mengalami krisis ekonomi.