by

Jantung Koroner adalah Gangguan Penyakit Dalam yang Perlu Diwaspadai

Jantung koroner adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh arteri oleh lemak. Jika dilihat pada dasarnya lemak menjadi bahan energi bagi tubuh melakukan aktivitas. Namun, ketika konsumsi terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Seperti yang sudah diketahui bahwa penyakit yang sekarang mudah menyerang manusia ialah gangguan kesehatan yang menyerang pembuluh darah. Sebut saja, diabetes, stroke, kolestrol, bahkan hipertensi. Kenapa bisa seperti itu? sebab sekarang pola hidup tidak sehat sudah menjadi sesuatu yang biasa. Misalnya saja, konsumsi terlalu banyak karbo. Tidak dilanjutkan dengan aktivitas fisik, malah di tinggal tidur dengan alasan mengantuk.

Ketika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus dalam waktu 1 tahun atau kurang. Bisa dipastikan tubuh Anda protes. Sistem kekebalan tubuh tidak bisa lagi mentolerir kelebihan gula maupun lemak. Sehingga terjadilah jantung koroner, diabetes, dan lainnya. Siapa yang harus disalahkan? Diri sendiri. Namun, untuk tidak mengulangi kesalahan sama. Ada baiknya, Anda segera melakukan perbaikan dalam mengatur pola hidup lebih sehat. Ketika termasuk penyuka makanan berlemak imbangi itu dengan kegiatan fisik yang besar. Pasalnya, lemak harus segera di baka. Jangan sampai karena alasan pekerjaan Anda memilih duduk didepan laptop sampai berjam-jam lamanya.

Sehingga lemak yang harus diproses malah tertimbun. Diperparah oleh kegiatan buruk lain seperti merokok, jam istirahat kurang. Sehingga tubuh tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan regenerasi sel. Tidak heran jika kemudian sistem imun tidak bekerja dengan baik. Sama halnya dengan sistem lain. Sistem tubuh juga saling mengait antara satu dengan yang lain. Apalagi ketika sudah membahas mengenai jantung. Bagian cukup krusial sehingga membuat penderita harus lebih berhati-hati dengan segala kemungkinan. Mengingat pembuluh darah arteri merupakan penghantar darah yang kaya oksigen ke jantung.

Ketika fungsi penting ini dibiarkan begitu saja maka sudah bisa dipastikan Anda tidak ada keadaan baik-baik saja. Butuh perawatan dan pengobatan intensif untuk membuatnya lebih baik. Para pasien harus terus melakukan konsultasi kepada dokter ahli. Tidak ada yang perlu di cemaskan karena ketika hal terlewatkan nyawa menjadi taruhan. Ada baiknya Anda menjalin kerjasama dengan profesional untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Imbangi semua tindakan medis tersebut dengan perilaku sehat. Perlu digaris bawahi bahwa setiap dari diri Anda mempunyai kelebihan dalam menyembuhkan diri sendiri. Poin pentingnya ialah tetap berpikir positif.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa berpikir positif memberi dampak luar biasa pada kesehatan. Sehat itu sendiri tidak hanya mencakup lingkup fisik dan organ dalam. Melainkan keseimbangan antara fisik (badan) dengan psikologi. Beberapa untuk mereka yang mengalami gangguan mental poin ini cukup berat. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa sembuh. Sekali lagi kendali terbesar ada pada diri sendiri. Kembali berbicara mengenai jantung koroner. Berikut ini gejala darinya:

  1. Nyeri pada bagian dada. Gejala ini biasanya dengan frekuensi yang cukup sering.
  2. Keringat dingin sekaligus mual.
  3. Sesak nafas dan gejala lainnya yang terfokus pada sakit bagian dada.

Jantung koroner adalah gangguan penyakit dalam yang cukup serius. Setiap dari individu mempunyai resiko yang sama untuk mengalaminya. Apalagi untuk para wanita yang menurut penelitian gangguan ini cukup sulit di diagnosa pada perempuan. Tidak perlu mengkhawatirkan apapun cukup fokus dengan kembali hidup sehat. Seimbangkan semua aktivitas dan kebutuhan tubuh. Salam hidup sehat.

News Feed