by

Kenali Masalah Pendengaran Pada Orang Tua untuk Bisa Membantu Mereka Kembali Ceria

Sebagai anak dengan orang tua yang menginjak usia lanjut, harus lebih sering memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi terhadap diri mereka. Usia lanjut membuat tubuh seseorang berkurang fungsinya sehingga ritme beraktivitas menjadi tidak sama. Ada kalanya penurunan ini terjadi di indra pendengaran yang membuat mereka tidak merespon suara dengan volume tertentu. Jika Anda perlu berteriak atau mengeraskan suara untuk berbicara dengan mereka, maka bisa jadi orang tua Anda mengalami masalah pendengaran. Namun tak perlu khawatir karena kini sudah ada alat bantu dengar atau ABD yang bisa digunakan untuk tetap memaksimalkan kemampuan mendengar manula.

Sebelum menyimpulkan apakah orang tua Anda memiliki masalah gangguan pendengaran, berikut ini adalah ciri-ciri gangguan pendengaran yang terlebih dahulu perlu Anda amati:

  • Tidak merespon pembicaraan yang dilakukan dengan volume suara normal.
  • Lawan bicara perlu mendekat ke arah telinga orang tua agar bisa didengar.
  • Lawan bicara perlu mengeraskan volume suara.
  • Orang tua sering menghadap ke kiri atau kanan untuk bisa mendengar lebih baik.
  • Memiliki keluhan rasa sakit di telinga.

Jika orang tua Anda memiliki salah satu ciri di atas, maka sudah saatnya Anda untuk membawanya ke Pusat Alat Bantu Dengar Melawai. Jangan khawatir karena di sana orang tua Anda akan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan untuk memeriksa kondisi indra pendengaran apakah betul memerlukan ABD. Selain itu dengan pemeriksaan, akan diketahui jenis gangguan yang diderita apakah kurang pendengaran sebelah ataukah di kedua belah telinga. Dari pemeriksaan tersebut nantinya bisa diketahui jenis ABD mana yang paling cocok digunakan.

Setelah pemasangan ABD sesuai dengan kondisi indra pendengaran, orang tua juga perlu melakukan terapi untuk membiasakan diri dan tubuh dengan ABD baru tersebut. Ada kalanya seseorang butuh beberapa hari untuk bisa menangkap apa yang didengarnya dengan baik dan fokus. Dengan mengikuti sesi terapi, seseorang dengan ABD baru juga akan lebih diteliti apakah setting ABD sudah tepat ataukah perlu melakukan penggantian jenis ABD agar lebih tepat lagi. Semua itu bisa Anda lakukan di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai yang memiliki berbagai jenis ABD dan layanan terapi dengan tenaga ahli.

News Feed