by

Perlu Diketahui! Ini Dia Ciri-Ciri Hamil di Trimester Pertama

Kehamilan menjadi momen penting yang sangat diimpikan oleh kebanyakan orangtua. Ada orang yang sengaja melakukan pengecekan rutin untuk melihat ciri ciri hamil yang sudah dirasakan. Bahkan, ada juga orang tanpa diketahui tiba-tiba sudah hamil dan memunculkan gejalanya. Meskipun begitu, tidak semua orang mengetahui tanda kehamilan ini. Apalagi di waktu trimester pertama. Untuk itu, berikut ini adalah ciri-ciri atau tanda wanita sedang hamil. Apa sajakah itu?

Morning Sickness

Bagi kondisi ini, tentunya sudah banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Morning sickness atau suatu kondisi yang dengan keluhan mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil. Kebanyakan dirasakan pada pagi hari, meskipun ada juga yang merasakannya pada malam atau siang hari.

Tanda kehamilan ini normal dirasakan dan biasanya akan muncul pada usia kehamilan di rentang 4 hingga 12 minggu. Bahkan ketika merasakannya, ibu hamil akan lebih sensitif terhadap beberapa aroma makanan yang menyangat.

Pendarahan

Saat adanya pendarahan, kadangkala para wanita merasakan khawatir. Apalagi jika pendarahan tersebut terjadi di luar masa menstruasi. Namun ternyata, pendarahan ini bisa menjadi ciri ciri hamil, lho! Jika Anda sudah mengalami telat haid, lalu muncul pendarahan, bisa jadi itu pertanda hamil. Ada perbedaan yang mendasari antara pendarahan tanda hamil dengan pendarahan mentsruasi. Di mana pendarahan tanda kehamilan hanyalah sedikit atau berupa flek.

Biasanya juga pendarahan ini akan disertai dengan kram perut kecil. Hal ini diakibatkan karena embrio mulai menempel pada dinding rahim sang ibu. Meskipun demikian, Anda juga patut waspada jika pendarahan banyak dengan kram perut hebat. Terlebih jika terdapat jaringan atau gumpalan di dalam darah.

Keputihan

Selain mengalami pendarahan berupa flek, ciri ciri hamil pun bisa terjadi dengan adanya keputihan. Meskipun begitu, keputihan sebagai tanda kehamilan tidaklah menganggu. Bahkan, ibu hamil tidak akan merasakan nyeri atau gatal. Pasalnya, keputihan ini merupakan respon alami tubuh yang dikeluarkan oleh ibu hamil untuk menjaga dan melindungi jalan lahir dari beberapa infeksi yang bisa menyerang. Namun, jika keputihan cukup menganggu, bahkan terasa gatal dan berbau, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Berat Badan Naik

Ciri ciri hamil yang selanjutnya adalah adanya kenaikan berat badan. Pada dasarnya setiap ibu hamil akan mengalami masa pembesaran tubuh dan perut karena janin yang terus berkembang. Itulah kenapa, kenaikan berat badan bisa menjadi tanda kehamilan. Meskipun begitu, tanda ini bisa terjadi secara bertahap. Peningkatannya pun tidak terlalu signifikan, misalnya untuk trimester pertama kenaikannya hanya sekitar 1-2 kilogram saja.

Tanda Lain

Selain beberapa ciri yang sudah disebutkan, ada juga tanda lain yang mengisyaratkan kehamilan pada seseorang. Salah satu tanda yang paling umum adalah adanya respon positif ketika sang ibu melakukan test urin dengan testpack. Ketika reaksi urin menampilkan reaksi positif yang ditandai dengan adanya dua garis merah di testpack, maka kemungkinan besar Anda sedang hamil.

Ciri-ciri hamil yang lainnya pun bisa ditandai dengan rasa lelah yang normal dirasakan oleh ibu hamil meskipun tidak beraktivitas berat. Selain itu, biasanya perut pun terasa mengencang, adanya rasa tidak nyaman di perut, dan lainnya. Hal ini sebagai bentuk penyesuaian tubuh ibu terhadap kehadiran janin di dalam rahimnya.

Beberapa tanda kehamilan tersebut biasanya normal dirasakan pada trimester pertama. Namun, jika Anda menemukan ciri ciri hamil yang lain, bahkan menimbulkan rasa sakit pada tubuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Untuk memudahkan, Anda bisa gunakan aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai masalah kehamilan Anda langsung dengan dokter ahli di bidangnya. Anda juga bisa sekaligu dapat informasi penanggulangan hingga rumah sakit yang cocok untuk kehamilan tersebut.

News Feed