by

Saluran Air di Rumah Mampet? Mungkin Ini Penyebabnya!

Duh, saluran pipa air mampet lagi, nih! Ketika saluran air di rumah mampet, Anda pastinya langsung mengeluh bahkan kesal. Bagaimana tidak, ketika saluran air tersebut mampet maka  dapat mengganggu pengaliran air di rumah dan terkadang malah bisa menyebabkan banjir di rumah.

Mengutip dari website Rucika.co.id, banyak hal yang menyebabkan saluran air di rumah menjadi tersumbat dan akhirnya mampet sehingga aliran air tidak lancar. Bisa memang pipa saluran air mengalami kerusakan atau lainnya. Lantas, hal di luar dari itu apa sih sebenarnya yang menyebabkan saluran air mampet? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini, cekidot:

  1. Rambut. Salah satu penyebab utama saluran air di rumah mampet adalah karena adanya rambut yang menggumpal. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika Anda keramas dan tanpa disadari ada beberapa helai rambut yang rontok dan mengalir ke saluran air. Jika ini dibiarkan, maka bukan tidak mungkin malah mengakibatkan gumpalan rambut yang cukup banyak, yang mana dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air. Untuk itu, bersihkan selalu saluran air Anda dari rambut.
  2. Pembalut. Suka membuang sisa pembalut di dalam toilet? Hati-hati melakukan hal tersebut malah dapat menyebabkan saluran air mampet. Penyebabnya karena pembalut merupakan salah satu bahan yang tidak larut dalam air. Jika bahan tersebut terbenam di dalam air, menyerap air yang mengalir, lama-kelamaan bisa membesar dan menyumbat saluran air. Oleh karena itu, jangan sampai membuang pembalut di toilet rumah bila tidak mau saluran air mampet.
  3. Minyak. Selain itu, sisa minyak masakan yang dibuang ke dalam bak cuci piring maupun kamar mandi juga dapat mengakibatkan saluran air di rumah mampet. Hal ini karena minyak yang dibuang akan membeku dan menempel di dalam pipa. Jika kondisi ini terus dibiarkan, lama-kelamaan minyak tersebut tentu malah dapat menyumbat aliran air di rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan membuang minyak ke bak cuci piring nantinya tidak menyumbat saluran air.
  4. Tisu basah, dental floss, dan cutton bud. Sama halnya dengan pembalut, tisu basah, dental floss, dan cutton bud juga tidak larut dalam air. Jika Anda membuang beberapa barang ini ke dalam toilet, tentu bisa mengakibatkan saluran air mampet. Karena itu, hindari membuangnya di toilet jika Anda tidak mau saluran air di rumah mampet.

Itu dia beberapa penyebab yang mengakibatkan saluran air di rumah mampet. Semoga bermanfaat!

News Feed