by

Tes GeNose C19: Deteksi Virus Corona dengan Harga Terjangkau dan Kualitas Terjamin di SehatQ.com

Surat keterangan bebas covid 19 saat ini banyak dijadikan sebagai syarat wajib yang harus dimiliki seseorang ketika hendak mengunjungi suatu tempat tertentu. Seperti ketika kita mengunjungi sanak saudara atau berwisata ke luar kota pastinya akan dimintai surat keterangan tadi. Namun tidak hanya sebatas itu, surat ini juga diperlukan oleh beberapa karyawan yang perusahaannya menerapkan kebijakan “New Normal”. Surat keterangan ini dibutuhkan sebagai tanda bukti seseorang tidak terjangkit virus covid 19 sehingga tidak membahayakan orang lain. Untuk mendapatkan surat keterangan bebas Covid 19 ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Kalian dapat melakukan Rapid tes, tes PCR, Tes Genose, dan tes deteksi covid 19 yang lainya.

GeNose 19 merupakan alat pendeteksi virus covid 19 yang diproduksi oleh para ahli kesehatan UGM. Alat ini  pertama kali diproduksi sebanyak 100 unit dengan dana yang diberikan oleh KEMENRISTEKDIKTI (Kementrian riset dan teknologi) dan Badan Intelegen Negara (BIN). GeNose C19 ini mendeteksi virus corona melalui hembusan nafas manusia yang kemudian discreening. Sampel nafas yang terindikasi negatif dan positif corona kemudian dibedakan menggunakan perangkat berupa software AI yang sudah dikombinasikan pada alat tes GeNose C19 yang sebelumnya sudah terpasang.

Menindaklanjuti arahan Budi karya sumardi yang menginstruksikan penggunaan alat tes Covid 19 dari dalam negri, beberapa stasiun sudah mulai mempersiapkan penggunaan tes GeNose C19 ini. Sejak jumat awal febuari 2021 kemaren stasiun sudah mulai menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 untuk para penggunanya menggunakan tes GeNose C19 ini. Layanan yang disediakan ini bisa dibilang terjangkau karena hanya dibanderol dengan harga kisaran Rp 15-25 ribuan.

Diantara stasiun KAI yang mengawali kebijakan penerapan dan penyedian layanan pemeriksaan GeNose C19 adalah stasiun pasar senin dan stasiun Yogyakarta. Selain dua stasuin ini sebelumnya juga sudah ada kebijakan dari pemerintah yang mengharuskan surat keterangan bebas  Covid-19 sebagai syarat untuk menggunakan kereta api jarak jauh. GeNose C19 ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan uji profiling dengan total 600 data valid di Rumah Sakit Lapangan khusus covid-19 Bambanglipuro, Yogyakrta dan Rumah Sakit Bhayangkara.

Untuk dapat melakukan tes GeNose C19 ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon penggunanya. Syarat yang pertama peserta tes harus memiliki tiket perjalanan kereta api terlebih dahulu. Peserta tes juga dilarang makan, minum, dan merokok selama 30 menit sebelum dilaksananya tes. Hasil dari tes ini berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan kereta api jarak jauh. Bagi peserta yang dinyatakan negatif Covid-19 maka diperbolehkan untuk membatalkan tiket yang sebelumnya sudah dipesan.

Dilansir dari SehatQ.com, alat pendeteksi GeNose C19 ini ternyata dapat membantu percepatan skrining virus Covid-19 lebih awal. Sebagai tindakan lanjutannya bagi orang-orang yang merasakan gejala covid-19 ini bisa melakukan isolasi mandiri atau perawatan agar dapat membantu menanggulangi penyebaran virus corona agar tidak semakin luas. Selain itu kita juga  dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah selama menunggu hasil tes yang lebih memadai. Jangan lupa untuk menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan surat keterangan bebas covid-19 yang memadai kalian juga bisa melihat berbagai penawaran promo kesehatan menarik yang ada di SehatQ.com. kalian dapat mendapatkan promo Rapid tes, PCR swab tes, Swab Antigen, dan berbagai penawaran menarik lainya.

News Feed