by

Tips LOLOS Simak UI untuk Para Gap Year

Untuk kamu para gap year yang sedang mempersiapkan diri melanjutkan studi ke UI, aku ingin berbagi pengalaman tentang tips menghadapi soal-soal Simak UI. Buat yang belum tahu, aku kasih tahu bahwa UI itu punya tes mandiri bernama Seleksi Masuk UI, atau biasa disingkat Simak UI.

Nah banyak orang bilang, soal Simak UI itu jauh lebih sulit dibanding soal UN atau pun soal SBMPTN. Aku sebagai orang yang pernah tes Simak UI memang merasa soalnya agak sedikit lebih sulit dibanding dengan SBMPTN. Tapi meski begitu, alhamdulillah aku bisa lolos dan sekarang bisa kuliah di UI.

Aku juga seorang gap year. Sempat merasa putus asa karena tidak diterima SBMPTN, aku memutuskan untuk rehat sejenak. Sampai akhirnya aku menemukan semangat lagi untuk belajar mempersiapkan Simak UI.

Semangat itu aku dapatkan ketika aku gak sengaja beresin buku-buku SMA yang lama dan aku menemukan sebuah surat kecil yang berisikan mimpiku ketika itu untuk kuliah di UI. Orang tuaku juga mendukungku untuk tetap berjuang melalui doa dan usaha agar bisa diterima masuk UI. Ok, jadi ini dia tipsnya guys!

Simak UI

  1. Daftar!

Banyak orang yang berkoar-koar mau masuk UI dan akan ikut simak, tapi pada akhirnya dia gak daftar atau malah daftar UTUL UGM (Simak-Nya UGM), ya mana mungkin kamu diterima lewat jalur mandiri UI. Jadi catat tanggal pelaksanaan Simak UI dan daftar sesegera mungkin ketika pendaftaran sudah dibuka ya!

  1. Belajar!

Memang konsekuensi yang harus kamu terima adalah membuka lagi lembaran-lembaran materi lama. Sudah pasti ini akan sangat membosankan. Terlebih bagi gap year yang selama setahun hampir tidak menyentuh lagi materi-materi yang akan diujikan. Tapi ini tetap harus kamu lakukan. Tanpa belajar, kemungkinan kamu lolos tidak lebih dari satu persen.

  1. Faktor X

Ada banyak faktor x yang menentukan kelulusan kamu menghadapi ujian. Faktor x ini yang sampai sekarang aku percaya sebagai kuasa di luar kehendak kita sebagai manusia. Sudah belajar, persiapkan diri, daftar, dan inilah waktunya untuk memasrahkan semua ke tangan Tuhan YME. Minta doa restu orang tua, berbuat baik kepada sesama, beribadah yang tekun, dan pasrah kepada Tuhan YME.

Tipsnya itu aja? Ya memang yang terpenting tiga hal itu. Beberapa hal lain yang mungkin perlu kamu perhatikan adalah mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan prima. Itulah mengapa kamu juga perlu untuk mengatur pola tidur yang baik dan jangan berlebihan dalam belajar.

Bicara soal belajar, aku sarankan kalian untuk banyak latihan soal. Dulu yang aku lakukan adalah belajar soal-soal dari ruangguru.com, platform bimbel online yang cukup lengkap fiturnya. Aku belajar lewat video biar gak bosen, dapet rangkuman juga, dan rutin mengukur kemampuan lewat tryout online. Mungkin ini bisa kamu jadikan pertimbangan, mengingat harga paket ruang guru juga tidak mahal.

Jadi aku ucapkan selamat berjuan untuk teman-teman semua khususnya para gap year squad untuk menghadapi ujian Simak UI. Semoga diberikan hasil yang maksimal dan kalian bisa lolos dan masuk UI, Aamiin!.

News Feed