Tips Melakukan Lelang secara Online Agar Tidak Salah

Otomatif15 views

Sistem lelang sendiri sudah tidak asing di Indonesia. Seringkali sistem lelang ini diadakan karena ada maksud tertentu. Dan barang-barang yang dilelang pasti memiliki nilai yang tinggi bahkan hingga mencapai triliunan. Namun pernah kebayang gak sih kalau misalnya  membeli motor/mobil dengan sistem lelang?

Nah ini baru pertama kali dan satu-satunya di Indonesia sebuah balai lelang yang melelang berbagai macam produk otomotif, alat berat, dan elektronik. Selain itu lelangnya dilakukan secara online pula pasti sangat efisien sekali. Sistem ini bernama IBID yang merupakan anak perusahaan dari PT Serasi Autoraya (SERA) sejak tahun 2007.

IBID telah dipercaya lebih dari 10 juta pengguna untuk melakukan transaksi jual beli dengan sistem lelang secara mudah. IBID menawarkan banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. 3 metode yang disediakan IBID turut memberikan kemudahan transaksi kamu seperti live auction, timed auction, serta flash auction.

Di IBID ada banyak sekali pilihan produk yang membuat kamu tergiur. Untuk itu kamu perlu memperhatikan beberapa cara atau tips melakukan lelang online di IBID agar tidak terjadi kesalahan atau kamu tidak bisa menjemput kendaraan idamanmu.

Tips Melakukan Lelang secara Online

Tidak semua orang memahami cara melakukan lelang online yang benar. Itu mengapa, jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam hal ini, kamu bias memanfaatkan aplikasi IBID untuk kebutuhan lelang. Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan dan pahami terlebih dahulu:

  1. Unduh aplikasi IBID
  2. Daftarkan diri kamu sebagai member menggunakan email atau media sosial lainnya di aplikasi IBID
  3. Lengkapi data diri kamu sesuai instruksi
  4. Masuk ke kolom pencarian IBID dan mulailah cari barang incaran kamu serta cek jadwal lelangnya
  5. Catat tanggal beserta dengan tipe lelang yang akan dilakukannya
  6. Lakukan pembelian NPL sesuai dengan biaya tertera dan tipe lelang agar dapat mengikuti prosesi lelang
  7. Ketika pelaksanaan lelang, tawarlah dengan harga yang terbaik menurut kamu
  8. Jika kamu menang segera lakukan pelunasan dan jemput barang incaran kamu tersebut
  9. Namun jika kamu belum beruntung kamu akan mendapat uang kembalian dari hasil pembelian NPL tadi dengan waktu paling lambat 3 hari kerja.

Tips yang paling penting ketika melakukan lelang adalah survei produk terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan penawaran harga yang sekiranya cocok dengan barang tersebut.

Nah sangat mudah bukan melakukan lelang secara online di IBID. Hanya di IBID yang mampu membuat sistem pelelangan menjadi lebih mudah. Biasanya lelang barang hanya bisa diikuti oleh orang dengan tingkatan ekonomi menengah keatas.

Namun berbeda dengan IBID yang selalu memberikan kemudahan bagi para pelanggannya. Sistem lelang di IBID ini bisa diikuti oleh berbagai kalangan dan usia baik dari golongan ekonomi menengah ke bawah hingga ke atas. Baik secara perorangan maupun perusahaan. Siapapun yang mampu memberikan penawaran tertinggi maka dialah pemenangnya.