by

Varian Kopi Medan Terkenal yang Wajib Anda Coba

Kopi dari Provinsi Sumatra Utara ini mampu menyihir para pecinta kopi untuk larut menikmati kopi ini. Kopi Medan terkenal dengan aroma serta rasanya yang sangat Indonesia banget. Varian kopi Medan terkenal antara lain ada Kopi Sidikalang, Kopi Sipirok, Kopi Mandailing, Kopi Tarutung, Kopi Lintong yang wajib Anda coba dan rasakan perbedaannya dengan jenis kopi lain.

Kopi Sipirok

Kopi Sipirok ini memiliki dominasi dari rasa rempahnya yang cukup kuat, hal inilah yang membedakan Kopi Sipirok dengan jenis kopi-kopi lainnya yang memiliki dominasi pada buah kopinya. Pada Kopi Sipirok ini juga memiliki aroma arabika yang cukup pekat. Ciri lainnya yang membedakan Kopi Sipirok ini dengan jenis kopi lainnya yaitu pada tingkat keasamannya.

Kopi Sipirok memiliki rasa asam yang cukup rendah sehingga mampu menonjolkan rasa pahitnya yang kental dipadukan dengan rasa yang sedikit manis. Untuk membuktikan rasa unik dari Kopi Sipirok ini Anda bisa mencicipi kopi ini secara langsung tanpa khawatir asam lambung. Dengan kadar keasaman yang rendah sehingga kopi ini akan sangat aman bagi lambung Anda.

Kopi Tarutung

Nama kopi ini diambil dari tempat asalnya yaitu di Tarutung, Tapanuli Utara. Kopi ini sendiri terbagi menjadi dua yaitu Kopi Arabika dan Kopi Robusta yang memiliki kualitas rasa yang terbaik dengan perpaduan antara rasa pahit, gurih, dan memiliki sedikit asam. Varian Kopi Medan satu ini memiliki aroma yang timbul dari kopi ini berbeda-beda tergantung pada tanaman yang tumbuh disekitar buah kopi Tarutung ini.

Kopi Sidikalang

Nama kopi ini sendiri juga diambil dari tempat asalnya yaitu daerah Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Kopi Sidikalang ini sendiri tumbuh di Bukit Barisan yang berada pada ketinggian 1.500mdpl. Kopi ini menjadi khas dengan teksturnya yang lebih halus dibandingkan dnegan kopi lainnya. Serta aroma yang ditimbulkan dari kopi ini tidak terlalu kuat dan menyengat.

Kunjungi Danau Toba dan Pulau Samosir untuk Menikmati Kopi Medan

Paling nikmat jika bisa minum Kopi Medan terkenal dengan aroma dan rasa yang khas ditempat yang indah dan menawan seperti Danau Toba. Danau Toba mampu menawarkan keajaiban alam yang sangat luar biasa dipadukan dengan kebudayaan yang berada disekitar Danau Toba yang tentunya dapat membuat danau ini lebih menarik lagi.

Tempat ini sangat menyenangkan dan sempurna jika digunakan untuk bersantai sambil minum kopi Medan terkenal. Karena Danau Toba ini berada 900m diatas permukaan laut yang mampu memberikan pemandangan laut sekaligus deretan pegunungan yang mampu memberi kesegaran pada mata.  Gambar danau toba dan pulau samosir bisa Anda riset di internet untuk referensi.

Nah setelah Anda mengetahui beberapa varian Kopi Medan terkenal, kini saatnya Anda mencobanya secara langsung kenikmatan dari rasa dan aroma Kopi Medan ini. Anda juga bisa menjadikan varian Kopi Medan ini menjadi buah tangan untuk keluarga yang ada dirumah.